Program CSR pada Sektor Pendidikan: Adaptasi di Masa Pandemi

  • Artikel/Berita
  • 04 Januari 2021
  • Katherine Eka Laila - External Relations Manager
Program CSR pada Sektor Pendidikan: Adaptasi di Masa Pandemi

Salam dari ProVisi Education!

Sepanjang tahun 2020, pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, dan dampak paling besar dirasakan langsung oleh masyarakat. Berbagai kalangan mau tidak mau harus melakukan penyesuaian dalam kehidupan sehari-hari mereka, tak terkecuali sektor usaha yang harus melakukan perubahan baik dari skala kecil hingga skala besar; bahkan, tidak sedikit yang harus menutup operasi mereka.

Khusus untuk sektor pendidikan formal, sebagian besar guru dan siswa telah menjalani program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama 10 bulan terakhir. Untuk mengimplementasikan proses pembelajaran yang berbeda akibat pembatasan sosial ini, para guru pun melakukan penyesuaian besar yang, menurut pengamatan kami, tidak mudah dilakukan.

Tantangan dan kendala yang dihadapi guru dan siswa kita, khususnya mereka di wilayah-wilayah zona merah, yaitu:
1. Keterbatasan listrik dan sinyal internet untuk kebutuhan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)
2. Perangkat elektronik, seperti laptop dan ponsel pintar (smartphone) yang tidak dimiliki oleh semua guru dan siswa
3. Kurangnya pengetahuan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah
4. Keterbatasan pengetahuan serta kemampuan guru dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Keempat kendala di atas dialami oleh tidak sedikit sekolah, bahkan tercatat beberapa sekolah sama sekali tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran selama pandemi. Kami, ProVisi Education, tidak diam saja melihat hal ini. Meskipun pandemi berlangsung, kami berkomitmen untuk tetap berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan melakukan penyesuaian pada program yang kami jalankan.

Sepanjang tahun 2020 hingga awal tahun 2021 ini, tim ProVisi Education tetap mengawal dan memastikan program pendidikan di area proyek dapat berjalan dengan optimal, khususnya untuk melatih dan mendampingi guru-guru dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tidak hanya guru, siswa dan orang tua juga mendapatkan pelatihan mengenai kegiatan belajar yang menyenangkan di rumah selama pandemi.

Adaptasi program ini telah diimplementasikan di Papua Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sejumlah daerah lainnya. Kami berharap anak-anak di negeri ini tetap memperoleh pendidikan yang mereka butuhkan, dan kita semua dapat bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan atau tanpa pandemi.

Adapun pilihan program pendidikan yang dapat diimplementasikan pada masa pandemi ini dapat dilihat pada file terlampir. Silahkan menghubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut. Kami dengan senang hati apabila dapat membantu perusahaan atau lembaga Anda.

Semoga tahun 2021 ini negara kita dapat segera terbebas dari wabah Covid-19 dan kita semua dapat pulih serta bangkit kembali untuk menyongsong masa depan yang jauh lebih cerah.

Tuhan memberkati kita semua.

 

Juli Adrian
Managing Director
ProVisi Education