Pelatihan Guru Membaca Dari PEFINDO

  • Artikel/Berita
  • 06 Januari 2020
  • Katherine Eka Laila - External Relations Manager
Pelatihan Guru Membaca Dari PEFINDO

Peningkatan minat membaca anak menjadi perhatian besar bagi PT PEFINDO Biro Kredit. Sebagai lembaga pengelola informasi perkreditan, PEFINDO Biro Kredit menyadari bahwa literasi itu erat sekali dalam kehidupan sehari-hari dan semestinya telah dimulai sejak usia dini.


(Acara pembukaan dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SDN 01 Ragunan selaku tuan rumah)


(Simbolik penyerahan paket buku bacaan anak dari Bpk. Yohanes Arts Abimanyu selaku Direktur Utama PT PEFINDO Biro Kredit kepada tuan rumah, dan dilanjutkan dengan penyerahan simbolik kepada perwakilan peserta lainnya)


(Direksi PT PEFINDO Biro Kredit berfoto bersama perwakilan dari 6 sekolah peserta, setelah penyerahan simbolik paket buku bacaan)

 
Guru sebagai perwakilan orangtua bagi anak-anak di sekolah menjalankan perannya yang teramat besar untuk memberikan semangat agar mereka rajin membaca, namun kegiatan membaca itu tidaklah cukup hanya dengan mengajak saja melainkan guru sebaiknya memiliki kemampuan yang lebih untuk terlibat aktif dalam kegiatan membaca bersama anak-anak.


(Trainer sekaligus Fasilitator dari ProVisi Education, Enda Hidayat, memberikan materi terlebih dahulu terkait membangun kebiasaan membaca anak-anak di sekolah)


(Trainer dan Fasilitator ProVisi lainnya, Sabrina Esther Sarmili, memberikan praktik membaca bersama kepada peserta guru)


Pelatihan Guru Membaca yang diadakan tanggal 17 Desember 2019 yang lalu melibatkan 15 peserta guru kelas awal (1 – 3) dari 6 sekolah dasar negeri yang berada di area Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pelatihan ini dilaksanakan selama setengah hari, dimana melalui diskusi aktif dengan peserta, sesi-sesi dalam pelatihan ini ditujukan untuk membangun pemahaman bersama tentang konsep kebiasaan membaca dan cara-cara untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di sekolah.


(Salah satu kelompok peserta sedang berlatih membaca bersama, mereka berperan sebagai siswa dalam simulasi membaca)

Selain itu, guru-guru juga dilatih tentang karakteristik kegiatan membaca menyenangkan dan menarik bagi anak-anak serta melakukan praktik membaca dalam sebuah simulasi. Para peserta dibagi menjadi kelompok, lalu ada guru yang berperan sebagai pembaca, ada yang berperan sebagai pengamat, dan yang lainnya berperan sebagai siswa.


(Praktik simulasi kegiatan membaca oleh kelompok peserta guru)


(Praktik simulasi kegiatan membaca oleh kelompok peserta guru)

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan 500 eksemplar buku-buku Kaya Baca terbitan ProVisi Education kepada ke-6 sekolah dasar yang menjadi peserta pelatihan. Buku-buku bacaan anak ini bertemakan alam dan budaya Indonesia untuk pembaca pemula. Buku-buku terbitan kami ini sudah tersertifikasi Pusbuk. 

Upaya peningkatan minat membaca di sekolah ini merupakan bagian dari program tanggung jawab social perusahaan PT PEFINDO Biro Kredit tahun 2019.


(Bpk. Juni Hendry selaku Head of Corporate Secretary, Communication & Legal berfoto bersama peserta pelatihan)


(Bapak Teguh Santosa, Kepala Seksi Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan menerima paket buku bacaan anak)