Newsletter Program Room to Read Tahun 2020

Newsletter Program Room to Read Tahun 2020

Ruang Baca Edisi ke-12 hadir kembali di tahun 2020.

Separuh perjalanan tahun ini kita jalani dengan tantangan dan keterbatasan karena hadirnya pandemi Covid-19. Pandemi membuat kegiatan tatap muka dibatalkan, sekolah dan perpustakaan pun ditutup. Pandemi telah mendorong kita semua, guru, orang tua, dan anak-anak, untuk beradaptasi pada kegiatan pembelajaran gaya baru yang lekat dengan teknologi.

Maka, beberapa bulan terakhir, kami hanya dapat bersua dengan para mitra, kepala sekolah, guru, orang tua, anak-anak, dan para pegiat literasi secara daring.

Banyak hikmah yang kami temui. Pertemuan daring justru membuat kami dapat menyapa lebih banyak guru, lebih banyak orang tua, lebih banyak anak-anak dari seluruh Indonesia.

Simak kisah bagaimana kami bertemu dengan para guru, kepala sekolah, dan pustakawan dari seluruh Indonesia dan berbagi tentang pelantar digital LiteracyCloud.org yang mendukung kegiatan membaca anak-anak di rumah. Kami juga mengundang para penulis dan ilustrator untuk bercerita tentang proses pembuatan buku anak yang berkualitas. Kami berkolaborasi dengan berbagai mitra yang memiliki tujuan sama dalam mendukung literasi anak Indonesia.

Dan yang membuat gembira dan membesarkan hati, di berbagai titik di wilayah Indonesia, kami mendengar kisah para guru yang pantang menyerah dalam mendampingi orang tua dan siswa agar terus bergembira dan terus membaca.

Kami juga telah mendistribusikan sebanyak 48,945 buku-buku anak berkualitas Room to Read ke sekolah-sekolah dan taman bacaan di seluruh Indonesia. Semoga kehadiran buku-buku tersebut mampu menemani kegiatan membaca anak-anak Indonesia dan mampu membawa mereka melakukan perjalanan saat menikmati ilustrasi dan kata dalam cerita.

Semoga buku-buku itu mampu mewakili kehadiran kami sampai kelak kita bertatap muka lagi, saat pandemi sudah pergi.

Selamat membaca!

*File pdf newsletter dapat diunduh di bawah ini, silahkan klik untuk mendapatkannya.