Guru SD Se-Jakarta Timur berGURU LiteracyCloud.org untuk Memotivasi Anak Gemar M

  • Artikel/Berita
  • 23 Desember 2019
  • Enda Hidayat - Program Coordinator Room to Read
Guru SD Se-Jakarta Timur berGURU LiteracyCloud.org untuk Memotivasi Anak Gemar M

“BERGURU!!! Siap Membantu Anda Belajar Sepanjang Masa” inilah tagline yang menggema di aula SMKN 26 Jakarta Timur berasal dari 193 guru yang tergabung dalam komunitas berGURU. Amin Fatkhurrohman, M. Si., Kasi Dikmen Jakarta Barat sekaligus founder Berguru turut hadir untuk membuka Workshop dengan tema Memotivasi Anak untuk Gemar Membaca atas kerjasama dengan Room to Read dan ProVisi Education yang dilaksanakan pada Rabu, 18 Desember 2019.

(Amin Fatkhurrohman, M. Si., Kasi Dikmen Jakarta Barat membuka workshop sekaligus memberikan motivasi bagi semua peserta)

Pada sesi awal workshop peserta diajak membedah konsep Kebiasaan Membaca sebagai landasan bagi guru untuk memotivasi siswa gemar membaca. Enda Hidayat sebagai fasilitator dari ProVisi Education memaparkan secara detail bagaimana keterampilan membaca dan kebiasaan membaca terbangun dan saling berkaitan satu sama lain. Kata ‘Memahami dan Menikmati‘ menjadi catatan penting bagi guru-guru untuk memotivasi siswa gemar membaca.

(Persiapan Membaca Nyaring di setiap kelompok didampingi fasilitator)

(Praktik Membaca Nyaring di kelompok kecil)

Tentunya untuk memotivasi siswa gemar membaca diperlukan peran aktif guru dan juga kegiatan yang menarik serta menyenangkan bagi siswa. Sabrina Esther – ProVisi Education mengenalkansalah satu kegiatan Membaca dengan pendekatan Room to Read.  Pelantar Literacy Cloud pun ditampilkan di layar, fitur video diakses untuk menunjukan salah satu video Membaca Nyaring yang dibawakan oleh seorang guru sekolah proyek Room to Read di Bali. Peserta pun mencatat setiap bagian langkah, mulai dari sebelum membaca, selama membaca, dan setelah membaca. Tidak sampai di situ, sebelum peserta memandapatkan kesempatan pratik di kelompok kecil video keterampilan membaca pun ditayangkan untuk memantapkan guru dalam berekspresi, gestur, intonasi dan juga mimik saat membacakan cerita. 

(Guru terpilih memeragakan Membaca Nyaring di kelompok besar)

Praktik kelompok kecil yang didampingi oleh setiap fasilitator dari ProVisi Education membuat guru-guru merasakan langsung bagaimana kegiatan Membaca Nyaring juga menyenangkan bagi orang dewasa, apa lagi bagi anak-anak di sekolah. Untuk memperkaya keterampilan guru-guru dalam melakukan kegiatan membaca LiteracyCloud.org menyediakan buku cerita anak berkualitas dan juga video kegiatan membaca lainya yang dapat diakses secara gratis oleh seluruh guru.

(Fasilitator – ProVisi Education berfoto bersama dengan founder berGURU, Amin Fatkhurrohman, M. Si.)