Student Camp: Belajar Kompak!

Student Camp: Belajar Kompak!

Hati-hati !”

Seruan-seruan diatas ialah hal-hal menyenangkan yang  dialami pada saat kegiatan Student Camp pada bulan Maret yang lalu. Kegiatan tersebut adalah salah satu games atau permainan yang digemari anak-anak pada saat Student Camp berlangsung. Games yang terdiri dari beberapa kelompok dimana masing-masing kelompok terdapat sekitar 5 orang anak didalamnya. Permainan ini bernama MCOM atau dikenal dengan nama M-Communication. Gambaran permainannya ialah, salah satu anak dengan ditutup matanya akan melewati jalur berbentuk huruf M besar dimana disetiap jalurnya memiliki berbagai rintangan. Tugas pemimpin kelompok maupun tim lainnya yaitu memberikan instruksi yang tepat bagi anak yang menghadapi rintangan tersebut.

Permainan ini sangat baik bagi anak-anak karena memiliki makna yang sangat dalam bagi perkembangan mental mereka. Melalui kegiatan permainan ini, anak-anak dilatih untuk bekerjasama secara baik didalam sebuah tim, melatih pendengaran dan daya komunikasi mereka, kemampuan untuk mendengarkan instruksi dari tim, serta melatih rasa percaya diantara anggota tim demi keberhasilan bersama. Pada akhir permainan, apresiasi berupa hadiah/rewards akan diberikan kepada salah satu kelompok yang paling kompak, maupun terhadap pemimpin kelompok yang paling bagus dalam hal manajemen kelompoknya.

Jika di masa-masa usia mereka masih ingin bermain-main dan tertawa riang, maka mari kita kembangkan permainan menyenangkan yang membuat anak-anak bermain dengan puas tetapi sekaligus membentuk karakter mereka serta mengajari bagaimana bersosialisasi yang baik terhadap  lingkungan tempat tinggal serta lingkungan pergaulan mereka.

(Lihat tulisan, “Perjuangan Hidup Melalui Student Camp”)