Program E-Learning Inovatif: Surala Ninja! - Surala Indonesia

  • Article/News
  • 18 January 2021
  • Katherine Eka Laila - External Relations Manager
Program E-Learning Inovatif: Surala Ninja! - Surala Indonesia

Hasil survei PISA pada 2018 menempatkan Indonesia pada posisi 72 dari 78 negara dalam kemampuan literasi, sains, dan matematika. Sementara itu, upaya untuk mengejar ketertinggalan saat ini dihadapkan berbagai tantangan akibat pandemi. Namun, inovasi tidak berhenti.

Sejak Agustus 2020, Surala Indonesia bersama ProVisi Education melalui Program E-Learning Inovatif: Surala Ninja! telah menjalankan proyek percontohan program e-learning di Indonesia yang meliputi pengajaran matematika dasar bagi peserta didik di sekolah dasar (SD) melalui pengalaman belajar daring yang menyenangkan. Program ini juga didukung oleh Kementerian Ekonomi dan Industri Perdagangan (METI) Jepang dan Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang (JETRO).

Selama pelaksanaan program, para pengajar di sekolah-sekolah percontohan dilatih dan didampingi untuk mengadakan kelas daring bersama para peserta didik. Setelah dilakukan pemantauan pembelajaran serta evaluasi dan analisis data, Surala Indonesia bersama ProVisi Education mengadakan gelar wicara dengan tema “Ruang Kelas Masa Depan: Adaptasi Teknologi Digital dalam Pendidikan Sekolah” pada Sabtu, 16 Januari 2021 lalu. Melalui gelar wicara daring ini, para pembicara yang berasal dari latar belakang pemerintahan, tenaga ahli, dan pelaksana pembelajaran berbagi tentang kemajuan pembelajaran digital di Indonesia saat ini, termasuk Program E-Learning Inovatif: Surala Ninja! di Indonesia. Gelar wicara ini diadakan secara daring dan terbuka untuk umum agar menjangkau sekolah, tenaga pendidik, dan peserta didik di berbagai wilayah di Indonesia sehingga mereka mendapatkan gagasan mengenai pengalaman belajar matematika dasar daring yang menyenangkan.

Gelar wicara ini diikuti oleh 200 peserta yang menyimak paparan mengenai pembelajaran matematika di abad 21 dari Daisuke Asano (Director at Service Affairs Policy Division and Education Industry Office, Kementerian Ekonomi dan Industri Perdagangan (METI), Jepang), Takahiko Yunokawa (CEO, SuRaLa Net Co.,Ltd.), Dr. Rahmawati, S.T, M.Ed. (Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), serta Obert Hoseanto (Education Industry Manager, Microsoft Indonesia), dan dibuka oleh Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan RI. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB ini dipandu oleh moderator Hiroaki Kato dan Yuhan dari Surala Indonesia.

Di penghujung gelar wicara, Bapak Iwan Kurniawan dari SD Muhammadiyah 7 Bandung berbagi pengalaman saat melaksanakan pembelajaran matematika dasar secara daring selama Program E-Learning Inovatif: Surala Ninja!