Newsletter Ruang Baca Edisi Kesepuluh

  • Article/News
  • 24 September 2019
  • Saifullah - Literacy Development Program
Newsletter Ruang Baca Edisi Kesepuluh

Tiga Tahun telah berlalu bersama Room to Read yang mengusung proyek “Scaling Quality Learning: Developing a Habit of Reading with Partners in Indonesia”, atau biasa kami sebut fase dua. ProVisi Education selaku mitra pelaksana Room to Read di Indonesia bekerja sama dengan mitra dari Pengembangan Perpustakaan Ramah Anak: Mutiara Rindang, Yayasan Literasi Anak Indonesia, dan Taman Bacaan Pelangi; dan juga Pengembangan Buku Bacaan Anak: Yayasan Litara, Yayasan Literasi Anak Indonesia, Pelangi Mizan, Kanisius, Bestari, Noura Books, Bhuana Ilmu Populer, dan Puspa Swara.  

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh para mitra selama tiga tahun ini sangat luar biasa. Banyak lika-liku di lapangan yang harus dilewati. Mulai dari bertemu dengan para pemangku kepentingan, seleksi sekolah, seleksi penulis dan ilustrator, workshop, pendampingan sekolah, mentoring penulis dan ilustrator, serta sederet aktivitas harian lainnya.
 
Pada akhirnya, hasil yang didapat sangat sepadan. Sebanyak 156 perpustakaan ramah anak berhasil dikembangkan di sekolah dasar negeri di enam kabupaten, enam puluh judul buku bacaan anak berkualitas dihasilkan, dan 480.000 eksemplar buku didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.
 
Terima kasih kepada seluruh mitra yang telah mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk proyek ini.
Terima kasih kepada semua penulis dan ilustrator atas karya yang diberikan.
Terima kasih kepada seluruh warga sekolah dampingan yang telah bersama-sama membangun perpustakaan ramah anak dan menjalankan kegiatan membaca efektif di perpustakaan sehingga anak-anak memiliki tempat yang layak untuk membaca. 

Tidak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Gresik, Sidoarjo, Badung, Denpasar, Manggarai Barat dan Ende atas dukungan dan kerja samanya.

Semoga apa yang telah kami lakukan dapat mendorong dan meningkatkan minat baca anak-anak Indonesia