Newsletter Ruang Baca Edisi Kesembilan

  • Article/News
  • 03 January 2019
  • Enda Hidayat - Literacy Development Program
Newsletter Ruang Baca Edisi Kesembilan

Memasuki edisi kesembilan, Newsletter Ruang Baca hadir untuk menyajikan sekelumit kisah pencapaian di penghujung proyek “Scaling Quality Learning for Children: Developing a Habit of Reading with Partners in Indonesia” selama Juli – Desember 2018.

Pada tahun 2018, tim pengembangan perpustakaan ramah anak berhasil menelurkan 61 perpustakaan ramah anak baru yang tersebar di Sidoarjo, Bali, dan Ende. Sebanyak 13,604 anak akan memulai petualangan seru melalui koleksi buku baru. YLAI akan memberikan gambaran singkat bagaimana sembilan belas perpustakaan di Bali dibuka serentak dalam satu hari. Semangat guru-guru di Ende dalam menularkan kegiatan membaca kepada guru lain turut didokumentasikan TBP saat pendampingan orientasi. Dengan banyaknya manfaat dan dampak positif yang didapatkan warga sekolah siklus satu dampingan MR, keberlangsungan perpustakaan ramah anak mendapat perhatian dari Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan, dan juga Komisi X DPRD Gresik.

Sementara itu, setelah melewati proses yang panjang nan berliku, tim pengembangan buku cerita anak sukses melahirkan dua puluh judul buku baru yang diluncurkan di IIBF 2018. Uji lapangan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pengembangan buku Room to Read. Kejujuran anak-anak dalam mengajukan pertanyaan, masukan, dan kritikan menjadi catatan berharga bagi Noura Book dalam pengembangan buku. Rumitnya tahapan pencetakan buku dijalani YLAI dengan sangat teliti demi terciptanya buku cerita anak berkualitas.
  
Untuk meninjau langsung keberhasilan penerbitan buku cerita anak dan pengembangan perpustakaan ramah anak di Indonesia, IKEA IWitness Trip kembali digelar. Staf IKEA Austria, Belanda, dan Swedia membagikan pengalaman menarik saat menjadi penulis dan ilustrator dalam sehari, kemudian menyaksikan langsung suka cita anak Indonesia menikmati buku cerita anak berkualitas dengan akses mudah di perpustakaan ramah anak.