Langkah Pertama, Dukungan TI di 30 Perpustakaan Ramah Anak Berbasis Digital

  • Article/News
  • 11 November 2019
  • Enda Hidayat - Program Coordinator Room to Read
Langkah Pertama, Dukungan TI di 30 Perpustakaan Ramah Anak Berbasis Digital

Dukungan pengunaan pelantar LiteracyCloud.org bagi guru-guru terus berlanjut. Kali ini ProVisi Education menggandeng Lingkar 9 dalam mengimplementasikan dukungan Teknologi Informasi (TI). Dukungan pertama ini dilaksanakan pada tanggal 9-31 Oktober 2019 dengan target 30 sekolah penerima manfaat program Perpustakaan Ramah Anak Berbasis Digital - Room to Read yang tersebar di Sidoarjo, Bali, dan Ende.

(Mengulas fitur-fitur LiteracyCloud.org guna mendapatkan umpan balik dari guru-guru.)

Tiga jam per sekolah dialokasikan untuk duduk bersama guru dan juga mitra perpustakaan membahas kendala TI yang muncul di sekolah. Infrastruktur internet yang belum memadai seperti tidak tersedianya jaringan internet atau masih terbatasnya jaringan internet menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi sekolah. Selain itu, fungsi peramban pada perangkat telepon pintar dan laptop yang lambat dalam mengakses internet turut dikeluhkan. Peningkatan keterampilan menggunakan perangkat pendukung seperti proyektor dan Google Chromecast juga menjadi catatan penting dalam kunjungan kali ini.

(Demontrasi perawatan laptop untuk memaksimalkan akses LiteracyCloud.org.)

Mendengar kendala-kendala tersebut seketika solusi-solusi teknis bermunculan sehingga perlu dikemas lebih praktis untuk penerapan di sekolah. Seperti halnya kendala tidak tersedianya jaringan internet, penting bagi sekolah untuk memahami bagaimana prosedur berlanggan Internet Sevice Provider (ISP). Selanjutnya, sekolah juga dapat memaksimalkan jangkauan jaringan internet yang tersedia dengan menggunakan alat pendukung seperti Repeater.  Selain itu, perawatan berkala pada telepon pintar dan laptop turut perlu diperhatikan dengan menggunakan aplikasi khusus atau pun langkah manual guna kinerja perangkat yang maksimal.

(Diskusi penggunaan perangkat Repeater guna meningkatkan jangkauan internet di sekolah)

Berdasarkan kendala-kendala dan juga masukan guru-guru dari 30 sekolah, ProVisi Education dan Lingkar 9 akan menindaklanjutinya dengan menyusun sebuah panduan. Panduan ini akan memuat solusi-solusi teknis yang praktis guna membantu guru-guru dalam mengimplementasikan program Perpustakaan Ramah Anak Berbasis Digital.