Bersahabat dengan Lingkungan Bersama Sahabat Hijau

  • Article/News
  • 10 October 2012
  • Thanthan Gumilar, Project Officer
Bersahabat dengan Lingkungan Bersama Sahabat Hijau

5 Oktober 2012 menjadi hari yang membanggakan bagi 12 siswa – siswi SMPN 1 Batu Sopang yang dilantik menjadi angkatan pertama “Sahabat Hijau” melalui sebuah prosesi singkat dan sederhana yang dipimpin oleh Achmad Basahil, S.Pd, MM selaku kepala sekolah SMPN 1 Batu Sopang. Sahabat Hijau bukan sembarang sahabat, melainkan sebuah gerakan dari siswa – siswi SMPN 1 Batu Sopang dalam menunjukan komitmennya untuk menumbuhkan budaya cinta lingkungan melalui kegiatan kebersihan dan penghijauan. Untuk angkatan pertama ini, dipilihlah 12 (dua belas) anggota Sahabat Hijau yang siap bertugas menjadi agen budaya kebersihan.

Dalam sambutannya, Achmad Basahil, S.Pd, MM menyampaikan bahwa gerakan Sahabat Hijau ini merupakan bagian dari komitmen sekolah  dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai sekolah sehat yang berkewajiban mengedukasi lingkungan sekitar untuk bersama-sama menciptakan budaya cinta lingkungan melalui gerakan kebersihan dan penghijauan. Kepada dua belas orang anggota Sahabat Hijau tersebut beliau juga berpesan agar mereka mampu menularkan dan menjadi model berprilaku hidup sehat dan bersih kepada adik-adik di Sekolah Dasar yang akan dikunjungi.

Dalam tugas pertamanya, Sahabat Hijau mengunjungi SDN 013 dan SDN  010 Batu Sopang. Kedua sekolah tersebut sudah menyatakan komitmennya untuk menjadi bagian dari program Sahabat Hijau. Dua belas orang siswa-siswi SMPN 1 Batu Sopang dibagi kedalam dua kelompok  yang masing-masing didampingi oleh tim ProVisi Education sebagai mitra kerjasama salah satu Perusahaan besar di Batu Sopang dalam pelaksanaan School Development Program untuk SMPN 1 Batu Sopang sekaligus fasilitator dari program Sahabat Hijau. Di kedua sekolah tersebut, masing-masing tim langsung turut serta dalam kegiatan senam bersama seluruh warga sekolah yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Jum’at Bersih.

Mari bersama-sama menjadi bagian dari Sahabat Hijau untuk bersahabat dengan bumi yang kita cintai.

Generasi sadar lingkungan, ya Sahabat Hijau dong !