Apresiasi para Volunteer di Sekolah CDC Java (Java Community Development Center)

Apresiasi para Volunteer di Sekolah CDC Java (Java Community Development Center)

Ibu Ruth Coombes dan putrinya Mariclaire Coombes menghabiskan waktu mereka selama dua minggu berada di CDC JAVA membantu guru-guru untuk mengajarkan metode – metode mengajar dan pembelajaran yang baru.

Dua orang  konsultan volunteer ini hanya bisa menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi sehingga dalam waktu dua minggu para siswa dan guru disini memiliki peningkatan yang besar dalam penggunaan bahasa Inggris.

Mereka mengajar di kelas bersama dengan guru-guru JAVA dan sudah menyiapkan banyak sekali materi pembelajaran, yang bermanfaat untuk membuat metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dan sangat berarti ketika berada di dalam kelas. Ruth Coombes adalah seorang ahli pendidikan dari New Zealand  dalam bidang metode mengajar membaca yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak yang lambat dalam hal membaca, sehingga beliau memberikan kontribusi  dan pengalamannya yang sangat berharga yang dibagikan bagi  program –program di sekolah JAVA. Anak –anak juga belajar banyak hal melalui permainan-permainan dan lagu – lagu serta berbagai macam keterampilan tangan salah satunya seperti membuat keranjang makanan sehat (healthy food basket).

Selama Ruth dan Mariclaire berada di sekolah JAVA, sejak bulan Februari mereka menyiapkan  dan membantu anak-anak TK untuk sebuah pertunjukkan drama bahasa Inggris  yang ditampilkan pada Student camp (kamp siswa)  pada bulan Maret. Mereka juga mengajari Tari Tongkat, sebuah tarian Maori (suku asli New Zealand) yang ditampilkan juga pada saat tampil konser di kamp siswa tersebut.

Ruth dan Mariclaire sudah memberikan  kontribusi  yang sangat besar bagi lingkungan sekolah JAVA,  dan guru – guru  di sekolah ini pun mengalami peningkatan yang besar dalam hal mempersiapkan pembelajaran dan presentasi mengajar berdasarkan apa yang mereka pelajari dari dua sukarelawan yang menakjubkan itu.

CDC JAVA sangat beruntung  mendapat dua sukarelawan  itu dan kami yakin bahwa ilmu yang didapat dari  mereka akan terus dilanjutkan di sekolah JAVA, serta ilmu yang telah mereka berikan memberikan pengaruh yang begitu besar sehingga membantu  para guru untuk merubah cara mengajar dan juga cara belajar bagi siswa menjadi lebih baik.

(Lihat Tulisan, “Perjuangan Hidup Melalui Student Camp“)