Berkembang Menjadi Lebih Baik

Berkembang Menjadi Lebih Baik


[Salah satu proses dari mentoring penulis, mendiskusikan masukan]

Melanjutkan proses pengembangan buku cerita anak Room to Read fase II siklus III, para penulis dengan naskah terpilih dari Writer’s Workshop yang diadakan 17-20 Januari 2018 mulai mengikuti mentoring penulis sebagai persiapan menghadapi tahap berikutnya.


[penulis berkumpul bersama Room to Read, ProVisi Education, dan penerbit untuk melakukan mentoring]


[salah seorang penulis mempresentasikan hasil revisi naskah workshop]

Selama 12-15 Februari 2018, bertempat di Hotel Grand Tjokro Jakarta Barat, sebanyak 21 penulis diundang untuk hadir dan melakukan mentoring tatap muka bersama Alfredo Santos dari Room to Read, editor dan desainer dari masing-masing penerbit, juga perwakilan ProVisi Education sebagai penyelenggara kegiatan.


[Alfredo Santos dari Room to Read memberikan masukan kepada penulis]


[penulis dan desainer penerbit Bestari berdiskusi mengenai pengembangan cerita]

Sebelum memulai proses mentoring, setiap penulis melakukan revisi terbaru terhadap naskah terpilih. Dalam ruangan berukuran 5 x 5 meter, penulis mempresentasikan karya terbarunya sekaligus mendapatkan masukan terbaru tentang arah pengembangan naskah. Hal ini perlu dilakukan agar penulis dapat memahami elemen-elemen mana saja dari karyanya yang dapat ditonjolkan agar dapat menghasilkan buku cerita anak yang menarik. Metode pelaksanaan mentoring dibagi per penerbit, dengan rincian: Kanisius (12 Februari), Nourabooks (13 Februari), Litara (14 Februari), dan Bestari (15 Februari). Sama seperti Writer’s Workshop yang diadakan sebelumnya, setiap penulis diterbangkan langsung dari daerahnya masing-masing agar dapat mengikuti mentoring secara tatap muka. Sebanyak dua penulis tidak dapat hadir karena berhalangan, sehingga mentoring dilakukan melalui Skype call.


[Peserta dari Jawa Timur menyampaikan konsep yang akan dikembangkan dalam cerita]

Setelah melalui tahap mentoring, penulis kembali rumah masing-masing membawa bahan revisi naskah, untuk kemudian menyetorkan kembali hasil pengembangan terbaru satu minggu sebelum dilangsungkannya workshop ilustrator pada 11-15 Maret 2018 mendatang. Naskah hasil revisian tersebut akan digunakan peserta ilustrator untuk mengembangkan cerita ke dalam media ilustrasi.