Dari Lapangan

Sekolah Adiwiyata - Partisipatif dan Berkelanjutan

  • Article 3

Tanggal Posting: 9 Mei 2018 | Penulis: Katherine Eka Laila - External Relations Manager

Terdapat 2 (dua) prinsip dasar "Program Adiwiyata" dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yaitu :
1. Partisipatif : Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.
2. Berkelanjutan : Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.

Dan tujuan "Program Adiwiyata" adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Program yang berbasis 'partisipatif' dan 'berkelanjutan' ini mengerahkan seluruh pihak yang berada didalam sebuah sekolah untuk aktif menjaga dan melestarikan lingkungan. Selain itu, sekolah sebagai bagian dari entitas masyarakat pun dapat terlibat aktif pada penyelenggaraan kegiatan lingkungan hidup diluar sekolah, serta bekerjasama dengan industri, hal itu menjadi point tambahan untuk penilaian Adiwiyata.

Yang lebih utama, semangat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup telah terekam dengan baik didalam benak dan mentalitas siswa siswi sedari dini. Mereka inilah yang menjadi generasi penerus bangsa yang secara berkelanjutan akan terus menjaga bumi Indonesia tetap hijau dan asri.

Salam Adiwiyata!

 

Foto: Siswa siswi SDN Simbangjati - Kab. Batang, Jawa Tengah, yang tergabung dalam SISDULING (Siswa Peduli Lingkungan) pada event lingkungan yang sedang dilakukan di sekolah mereka. 

Terdapat beberapa agenda yang dilakukan pada event ini, seperti : penanaman pohon bersama, praktik membuat lubang biopori, lomba melukis tempat sampah bersama orang tua, dsb. 

SDN Simbangjati Kab. Batang merupakan sekolah dampingan ProVisi Education bekerjasama dengan PT. Bhimasena Power Indonesia.

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya