Dari Lapangan

Pak Achmad, Guru Senior Dari Kab. Fakfak

  • Article 3

Tanggal Posting: 16 Mei 2018 | Penulis: Wiwik Yulihaningsih - Program Manager, School Development Progra

Cerita ini merupakan salah satu kisah dari sekian banyak pengalaman guru yang ada bahwa usia bukanlah suatu penghalang untuk terus belajar dan mendapat pengetahuan baru.

Pak Achmad Patiran adalah guru berusia kurang lebih 50 tahun yang mengajar di SD Inpres Kampung Baru, Distrik Kokas, Kab. Fakfak - Papua Barat. Beliau merupakan guru senior di distrik tersebut, sebelumnya beliau pernah menjadi Kepala Sekolah di kampung seberang namun mendekati usia pensiun beliau kembali pulang untuk mengajar di kampungnya.

Pelatihan dengan berbagai tema sudah pernah beliau ikuti baik itu di tingkat kabupaten maupun nasional, ditambah juga dengan pengalaman mengajar beliau yang sudah lama menjadikan beliau sangat disegani diantara guru–guru di distrik Kokas. Pada tahun 2016 yang lalu, Pak Achmad pertama kalinya mengikuti Pelatihan PAKEM yang diadakan oleh tim konsultan ProVisi, pada pelatihan tersebut beliau tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap sesi yang diadakan.

“Saya ini sudah lama menjadi guru dan sering mengikuti kegiatan diklat, namun seumur hidup saya, baru pelatihan ini yang bisa membuat saya bertahan seharian di dalam ruangan tanpa merokok. Saya merasa menyesal kenapa baru sekarang mendapatkan materi ini, jika saya mendapatkan dari dulu mungkin saya bisa mengajar lebih baik. Namun saya masih memiliki kesempatan sebentar untuk mengimplementasikan materi ini di kelas”, demikian tuturnya dalam dialek Papua sambil menangis haru.
Seluruh peserta dan fasilitator pun ikut larut dalam keharuan tersebut.

Materi PAKEM yang disajikan tidak hanya tentang bagaimana mengelola kelas dan siswa, namun juga materi tentang bagaimana cara memahami gaya belajar siswa, kecerdasan majemuk dan disiplin positif. Beliau merasa hal tersebut tidak pernah diulas pada pelatihan–pelatihan yang pernah diikuti selama ini. Pengetahuan yang beliau dapatkan di pelatihan pun tertuang dalam tindakan konkrit dan hal itu terlihat ketika tim konsultan melakukan kunjungan ke SD Inpres Kampung Baru, tempat beliau mengajar.

Dukung terus guru-guru Indonesia yang punya keinginan untuk maju dan berinovasi.

 


SD Inpres Kampung Baru, Distrik Kokas, Kab. Fakfak merupakan sekolah imbasan dari "Program Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah" yang sedang diimplementasikan oleh ProVisi Education bekerjasama dengan salah satu perusahan migas yang berada di Papua Barat.

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya