Dari Lapangan

Newsletter Ruang Baca Edisi Ketujuh

  • Article 3

Tanggal Posting: 20 Agustus 2018 | Penulis: Enda Hidayat - Literacy Development Program

Pada awal tahun 2018 ini, Newsletter Ruang Baca kembali hadir untuk edisi ketujuh. Newsletter Ruang Baca menjadi wadah cerita perjalanan dan kegiatan selama proyek “Scaling Quality Learning: Developing a Habit of Reading with Partners in Indonesia” kerja sama Room to Read dan ProVisi Education beserta mitra perpustakaan dan penerbit, dengan tujuan menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak di seluruh tanah air.

Dalam edisi ini, terangkum kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama Juli – Desember 2017. Serangkaian workshop yang digelar oleh ProVisi Education dan mitra perpustakaan mewarnai proses pengembangan 54 perpustakaan ramah anak di Indonesia. Proses seleksi sekolah yang penuh perjuangan dan akhirnya berbuah senyum kebahagiaan, turut dikisahkan oleh mitra perpustakaan, YLAI. Selain itu, ada juga cerita tentang sorak-sorai siswa di Gresik saat dikunjungi rombongan Room to Read bersama IKEA Tiongkok dan India untuk melihat aktivitas dan perpustakaan ramah anak yang telah berjalan selama setahun. 

Sementara itu dalam proyek penerbitan buku, rangkaian workshop digelar bagi para penulis dan ilustrator berbakat Indonesia, demi terciptanya 20 buku cerita anak yang berkualitas. Keluh kesah dan kegembiraan saat diskusi, revisi, dan merombak alur cerita dalam proses mentoring pun turut dibagikan oleh mitra penerbit Puspa Swara. Selain itu, Desember menjadi puncak perjalanan panjang pendistribusian buku-buku cerita anak ke seluruh pelosok negeri. Sebanyak lebih dari 250.000 anak sudah bisa menikmati buku-buku cerita bergambar hasil proyek penerbitan buku Room to Read Fase II Siklus I.

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya