Dari Lapangan

Newsletter Ruang Baca Edisi Kelima

  • Article 3

Tanggal Posting: 18 April 2017 | Penulis: Katherine Eka Layla - External Relations

Setelah berhasil menjalankan pilot proyek pengembangan buku cerita anak bergambar dan perpustakaan ramah anak di Indonesia, kini Room to Read kembali melanjutkan proyeknya di Indonesia dengan masih menggandeng ProVisi Education sebagai mitra resmi pelaksana programnya. Selama 3 (tiga) tahun kedepan, proyek bertajuk "Scalling Quality Learning: Developing a Habit of Reading with Partners in Indonesia" ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak di tanah air. 

Melalui Newsletter "Ruang Baca" ini, seluruh perjalanan dan kegiatan yang terjadi selama proyek Room to Read akan terdokumentasikan dalam sajian cerita pendek yang menarik untuk disimak. Newsletter ini akan terbit setiap semester hingga akhir proyek. Pada Ruang Baca edisi Januari 2017, kami menuliskan sederet cerita tentang pelatihan-pelatihan yang berlangsung sejak Agustus hingga Desember 2016. Mulai dari pelatihan bagi penulis dan ilustrator serta pelatihan bagi guru, pustakawan dan kepala sekolah yang menerima bantuan pengembangan perpustakaan.

Adapula kisah tentang sekolah di tanah Flores yang berjuang keras agar terpilih sebagai salah satu sekolah penerima manfaat proyek. Sementara itu, dari ruang penerbitan buku cerita anak, dikisahkan bagaimana proses pemilihan penulis dan ilustrator yang terlibat menciptakan belasan buku cerita anak berkualitas di proyek ini. 

Newsletter ini juga menjadi penanda kembalinya proyek literasi Room to Read di Indonesia. Sebuah proyek literasi yang bukan sekedar membuat anak-anak bisa membaca, namun lebih kepada bagaimana anak-anak menikmati serta mampu bersenang-senang dengan kegiatan membaca.

Cerita selengkapnya dapat dibaca dengan men-download Newsletter dalam format PDF dibawah ini :

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya