Dari Lapangan

Newsletter Ruang Baca Edisi Keenam

  • Article 3

Tanggal Posting: 3 Juli 2017 | Penulis: Tim Harthana – Program Coordinator

Waktu terbang begitu cepatnya. Tak terasa, setahun sudah proyek “Scaling Quality Learning:
Developing a Habit of Reading with Partners in Indonesia,” berkelana. Perjalanan nan panjang menuju target pengembangan 150 perpustakaan ramah anak serta penerbitan 60 judul buku cerita anak bergambar harus ditempuh. Tawa penuh suka dan duka, tetesan peluh dan air mata, serta rasa bangga dan haru terajut dalam kisah kami yang terus berlanjut.

Cerita dan romantika mewujudkan perpustakaan di 36 sekolah dasar dan menerbitkan 20 buku cerita anak kami tuangkan dalam Newsletter Ruang Baca edisi keenam, Juni 2017. Pada babak ini, kolaborasi para penulis dan ilustrator pun benar-benar dipertaruhkan. Mitra penerbitan mempertemukan penulis dan ilustrator, guna mensinergikan kerja mereka menciptakan buku cerita bergambar yang berkualitas. Dilanjutkan uji lapangan memastikan 20 buku yang dibuat tepat sasaran dan kebutuhan bagi pembacanya. Di akhir perjalanan, buku-buku itu diluncurkan di ajang Asian Festival of Children’s Content, di Singapura 19 Mei 2017.

Sementara itu, pada pengembangan perpustakaan ramah anak, akhirnya Februari-Maret 2017, 36 perpustakaan yang tersebar di Manggarai Barat (NTT), Badung (Bali), dan Gresik (Jawa Timur) dibuka. Perjuangan keras mitra perpustakaan pun berlanjut dengan menumbuhkan kebiasaan pada guru melakukan kegiatan membaca di perpustakaan. Pelatihan membaca dalam workshok jam kunjung perpustakaan dan kunjungan support-monitoring rutin tiap bulan ke sekolah. (TIM)

Newsletter dalam format PDF dapat langsung di download dibawah ini:

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya