Dari Lapangan

Instrumen Evaluasi

  • Article 3

Tanggal Posting: 21 Mei 2018 | Penulis: Katherine Eka Laila - External Relations Manager

Instrumen penilaian hasil belajar atau instrumen evaluasi merupakan alat (ukur) yang digunakan untuk mengumpulkan atau mengolah informasi mengenai pencapaian hasil belajar para peserta didik.
Jenis-jenis instrumen evaluasi yaitu berupa tes (subjektif & objektif melalui kuis, pertanyaan lisan maupun tulisan, dsb) dan non-tes (wawancara, kuesioner, observasi, dsb).

Instrumen evaluasi ini penting untuk digunakan oleh para guru agar dapat memperoleh secara langsung informasi deskriptif maupun informasi judgemental yang didapatkan dari metode tes maupun non-tes yang sudah disebutkan diatas.

Penggunaan instrumen ini pun menjadi salah satu program pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh ProVisi Education bagi guru-guru di wilayah target program.

Foto ini merupakan kegiatan pada saat "Pelatihan Kompilasi Instrumen Evaluasi" yang dilakukan di SD YPPK, Distrik Tofoi Sumuri, Kab. Teluk Bintuni - Papua Barat.

Fasilitator mendampingi Ibu Rosalina Bauw (Kepala Sekolah Dasar YPPK Weriagar) dalam menyiapkan kartu pertanyaan. Fasilitator membantu menemukan Standar Kompetensi (CS) dalam modul yang dibawa oleh Ibu Rosalina sendiri. 
Pelatihan ini bertujuan agar guru mampu menyusun instrumen pembelajaran evaluasi sesuai dengan materi yang diajarkan di dalam kelas.

["Program Pengembangan Pendidikan Dasar dan Menengah" di Kab. Teluk Bintuni dan Kab. Fakfak - Papua Barat merupakan program CSR pendidikan yang diimplementasikan oleh ProVisi Education bekerjasama dengan salah satu perusahaan migas yang beroperasi di wilayah terkait]

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya