Dari Lapangan

Ibu Fat, Guru Geografi Yang Ingin Maju

  • Article 3

Tanggal Posting: 14 Mei 2018 | Penulis: Nur Wahidah - Program Coordinator, School Development Program

Namanya Ibu Fatmawati Syahbuddin, S.Pd. 
Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang rutin diadakan setiap minggu oleh tim ProVisi Education memberikan pengalaman baru bagi beliau sebagai guru mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Halmahera Timur.

Ibu Fat, begitu beliau akrab disapa, sebetulnya tidak memiliki laptop ataupun komputer, namun beliau senang sekali dengan materi Microsoft PowerPoint (Ms. PP). Menurutnya dengan memanfaatkan Ms. PP proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) menjadi lebih menarik bagi siswa dan mempermudah guru untuk menerangkan suatu materi.

Ketertarikan terhadap materi dan semangat yang tinggi akhirnya membuat Ibu Fat tidak menyerah meskipun pada waktu itu ia baru mampu mengetik dengan "dua jari", belum dapat menyalakan dan mematikan laptop, serta tidak tahu tentang semua fungsi yang terdapat di dalam toolbar. Setelah 4 kali pertemuan/pendampingan, akhirnya Ibu Fat berhasil membuat presentasi PowerPoint dengan materi “Sistem Informasi Geografis”.

Saat proses pembuatan presentasi, beliau berkali-kali gagal hingga akhirnya berhasil membuat bagan dan grafik, memasukkan gambar dan video serta mengatur tema slide show dan tata letak tulisan, yang dilakukannya semua secara mandiri.

Kata Indri, siswa kelas XII IPS, “Hari ini belajar jadi tambah seru dan tambah mengerti. Karena tidak hanya mencatat dan dengar ceramah. Ibu guru banyak kasih lihat, gambar dan bagan. Terus bagian paling seru pas lihat video. Video tentang Sistem Informasi Geografis-nya jelas dan menarik jadi kami bisa mengerti sekali”.

Untuk mengatasi kekurangan fasilitas buku cetak di sekolahnya, Ibu Fat lalu mencetak presentasinya dan membagikannya kepada peserta didik. “Kasihan anak-anak, mereka tidak ada uang untuk foto kopi buku paket makanya saya print saja PowerPoint nya untuk bisa dipakai bahan belajar”, kata beliau.

Dukung terus guru-guru Indonesia yang punya keinginan untuk maju dan berinovasi!
 

SMA Negeri 12 Halmahera Timur adalah sekolah dampingan ProVisi Education bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk.

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya