Dari Lapangan

Bekerja Bersama Masyarakat

  • Article 3

Tanggal Posting: 26 Juni 2018 | Penulis: Katherine Eka Laila - External Relations Manager

Setiap kali ProVisi bekerja di berbagai daerah, selalu ada tantangan yang dihadapi baik itu dalam hal membangun dan menjaga hubungan dengan masyarakat sekitar, menjaga komunikasi dengan para pemegang kepentingan, hingga tantangan alam atau kondisi geografis yang tidak mudah untuk menuju ke lokasi program.

Sosok pekerja ProVisi yang ingin kami bagikan kali ini ialah Ammar. Ia merupakan Officer yang ditempatkan di Kab. Murung Raya - Kalimantan Tengah untuk Program 'Sekolah Pendidikan Karakter Berwawasan Lingkungan' bekerjasama dengan PT. Pamapersada Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan yang beroperasi di wilayah tersebut. PT. Pamapersada Nusantara memiliki kepedulian dan perhatian khusus terkait persoalan pendidikan di daerah manapun perusahaan beroperasi, dan SMPN 2 Laung Tuhup merupakan sekolah yang ke sekian yang telah dibantu melalui program CSR nya. 

Program pengembangan sekolah lingkungan yang sedang berjalan ini menuntut Ammar untuk selalu aktif mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat. Tak jarang ia pun turun langsung mengerjakan hal-hal yang tidak sepele seperti yang tergambar pada foto-foto yang ada, bagaimana Ammar masuk ke dalam kebun untuk mengumpulkan kayu-kayu hasil sumbangan warga untuk digunakan dalam pembangunan green house di sekolah.

Di wilayah ini, ketika hujan berhenti, maka kondisi tanah akan sangat berlumpur dan sulit dilalui dengan kendaraan. Proses pengangkutan kayu ke sekolah pun telah tertunda selama dua minggu dikarenakan kondisi jalan yang buruk. Namun kegiatan harus tetap dilaksanakan agar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

Kendala yang paling awal dihadapi oleh Ammar ialah soal bahasa daerah. Ammar berasal dari Sulawesi Selatan sehingga cukup sulit untuk memahami bahasa daerah yang masih digunakan oleh sebagian besar masyarakat disini. Sehingga pada awal proses sosialisasi program, Ammar didampingi oleh Bpk Anang Ansyari, A.Md selaku Ketua Adiwiyata ketika melakukan kunjungan dari rumah ke rumah warga dan membantu menerjemahkan pembicaraan antara Ammar dan warga.

Program Pengembangan Sekolah Adiwiyata ini melibatkan banyak pihak sebagai bagian dari penilaian. Tantangan lainnya yang kerap dihadapi ialah bagaimana meyakinkan para orangtua siswa bahwa keterlibatan aktif mereka sangat dibutuhkan untuk pencapaian prestasi sekolah tempat dimana anak-anak mereka belajar. Ammar pun kemudian menjelaskan kepada masyarakat bahwa program ini tidak hanya fokus pada sarana dan prasarana semata, namun fokus utama justru pada upaya pengembangan SDM yang ada. Dan para orangtua siswa merupakan SDM yang berperan penting untuk prestasi Penghargaan Adiwiyata yang ingin dicapai oleh sekolah.

Cara lain yang dilakukan untuk mengajak para orangtua terlibat aktif ialah melalui upaya transparansi dana sekolah, dengan mengundang para orangtua dalam sosialisasi 'rencana kegiatan dan anggaran sekolah' sehingga orangtua dapat memahami alur dana sekolah dalam pelaksanaan pendidikan di SMPN 2 Laung Tuhup.

Pengalaman lainnya yang didapatkan oleh Ammar ialah metode atau cara berkomunikasi. Di wilayah ini, mengundang warga melalui surat resmi tidaklah efektif. Sehingga cara yang dilakukan oleh Ammar ialah dengan mengunjungi warga ke rumah mereka. Menurut penuturan guru dan warga setempat, bahwa jika ingin melaksanakan kegiatan gotong royong, budaya yang mereka bangun bersama ialah dengan mengundang satu persatu warga di rumah mereka masing-masing.

Di mata rekan kerjanya, Adenia Siti Kaniawati,
"Ammar merupakan sosok yang tekun, cepat belajar, dan supel. Program ini bisa berjalan tentu tidak lepas dari performa tim yang baik. Hal tersebut sudah menjelaskan bagaimana Ammar mampu mengerjakan semua kegiatan di lapangan dengan baik. Ammar tidak hanya mengerjakan program atau kegiatan di sekolah, namun juga mampu melibatkan masyarakat Kel. Muara Tuhup untuk peduli terhadap pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekitar, yang terbukti dengan adanya kegiatan tersebut yang melibatkan masyarakat, Ammar mampu melaksanakannya melebihi ekspektasi", tuturnya dengan penuh bangga.

Terus semangat untuk Ammar dalam bekerja dengan sepenuh hati!

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya