Dari Lapangan

Bapak Farhan : Saya Ingin Siswa Siswi Saya Menjadi "Orang"

  • Article 3

Tanggal Posting: 14 Mei 2018 | Penulis: Nur Wahidah - Program Coordinator, School Development Program

Bapak Farhan, S.Pd, seorang pemuda yang berangkat dari Pulau Buton - Sulawesi Tenggara untuk mengabdi menjadi seorang guru honorer yang mengajar mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Halmahera Timur. Walaupun berstatus guru honorer namun semangat beliau begitu besar untuk mengikuti berbagai pelatihan guru baik yang diadakan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara maupun ProVisi Education.
.
Setelah bertahun-tahun mengajar tanpa menggunakan RPP, dan selalu menggunakan metode mengajar berceramah, akhirnya setelah mengikuti pelatihan, beliau pun telah melengkapi seluruh perangkat pembelajarannya. 
Model pembelajaran yang beliau gunakan dalam RPP juga semakin kreatif karena beliau semakin haus dengan informasi baru.

Suatu waktu Pak Farhan pernah mengajak peserta didik nya pergi ke hutan di dekat sekolah untuk mengukur luas batang pohon dengan memanfaatkan alat ukur jangka sorong. Proses tersebut mendukung model pembelajaran 'Discovery Learning' yang ia terapkan dalam RPP. 
Pak Farhan juga menerapkan model pembelajaran 'Project Based Learning', dimana ia mendorong para siswa untuk membuat percobaan alat roket air dimana lewat proyek tersebut siswa dapat mempelajari teori "Hukum Pascal".

Kedepannya Pak Farhan bahkan ingin membuat proyek mata pelajaran Fisika bersama para siswanya, dimana proyek tersebut nantinya dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar.

Beliau juga berinisiatif membuat kelas tambahan bagi anak didiknya tanpa menerima bayaran. 
“Daripada setiap sore waktu saya terbuang sia-sia, lebih baik saya lakukan hal yang dapat memberikan manfaat untuk banyak orang. Saya hanya mau siswa SMA Negeri 1 Halmahera Timur maju, bahkan jauh lebih maju dari guru-gurunya. Kalau mereka sudah jadi orang semoga juga bisa bermanfaat untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya”, kata beliau dengan penuh ikhlas.

Dukung terus guru-guru Indonesia yang punya keinginan untuk maju dan berinovasi!
 

SMA Negeri 1 Halmahera Timur adalah sekolah dampingan ProVisi Education bekerjasama dengan PT. Aneka Tambang (ANTAM) Tbk.

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya