Dari Lapangan

ANTAM Gelar Festival Pendidikan Karakter Di Halmahera Timur

  • Article 3

Tanggal Posting: 7 Sepember 2018 | Penulis: Yohanes Shen Nhamara - School Development Program

PT ANTAM Tbk UBPN Maluku Utara menggelar Festival Pendidikan Karakter di Gedung Putih, Desa Geltoli, Maba, Halmahera Timur, Sabtu (25/8/2018).

Gelaran bertajuk "Membangun Karakter Generasi Gemilang" itu merupakan rangkaian School Development Program (SDP) sebagai salah satu bentuk program CSR ANTAM bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara dan ProVisi Education yang telah berlangsung sejak tahun 2017.

HI Ryan Sjah, VP HC, CSR and Finance ANTAM UBPN Maluku Utara mengemukakan, festival tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk memprioritaskan peningkatan mutu pendidikan dalam pelaksanaan pembangunan pendidikan nasional di masing-masing daerah.


[Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Halmahera Timur]

Ryan menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mengkampanyekan penerapan Pendidikan Karakter di Kecamatan Maba dan Kecamatan Kota Maba, membangun komitmen bersama melalui deklarasi dan petisi semua pihak terkait penerapan Pendidikan Karakter, serta memaparkan hasil penerapan Pendidikan Karakter melalui berbagai bentuk perlombaan dan pameran kewirausahaan siswa.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara, Ronis E Barbakem, menambahkan, pendidikan karakter ini bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang. "Melalui pendidikan karakter ini diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meingkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi, serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia, sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari", ujar Ronis.

Dalam pelaksanaannya, SDP menggunakan pendekatan secara menyeluruh. Semua unsur dilibatkan, diantaranya guru, kepala sekolah, masyarakat dan siswa, serta mengembangkan praktik-praktik pendidikan yang baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah, serta partisipasi pemerintah dan masyarakat setempat.


[Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Halmahera Timur]

Abdul Rasid Hamidu, Camat Kota Maba menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada ANTAM atas komitmen serta kontribusinya yang terus mendukung pemerintah Kabupaten Halmahera Timur dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di wilayah Maba dan Buli.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan, antara lain pembacaan deklarasi dukungan penerapan Pendidikan Karakter yang diperkuat dengan penandatanganan kesepakatan atau komitmen bersama, pameran kewirausahaan siswa, serta perlombaan-perlombaan yang akan diikuti oleh siswa siswi dan guru-guru seluruh sekolah se-Kecamatan Maba dan Kecamatan Kota Maba.


[Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Halmahera Timur]

**Tulisan ini sudah dipublikasikan ke media online kieraha.com (Media Utama Maluku Utara) pada tanggal 26 Agustus 2018
http://kieraha.com/antam-gelar-festival-pendidikan-karakter-di-halmahera-timur/

 

Bagikan Postingan Ini

ProVisi Education

ProVisi Education adalah konsultan peningkatan mutu pendidikan dan mitra pelaksana bagi lembaga dan perusahaan dalam mengimplementasikan program-program pengembangan pendidikan. Kami membantu program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), lembaga swadaya masyarakat (NGO), dinas pendidikan, dan sekolah,…
Selengkapnya